G O N K U - GET BACKLINK SERVICE
Do you want to share article for Free Backlink? . Send By Email Subscribe

Wortel Vitamin A, Manfaat Kandungan Wortel Untuk Kesehatan

GONKU.EU.ORG - FREE BACKLINK SITE

Sayuran wortel dengan vitamin a yang cukup tubuh dapat memberikan manfaat yang baik dari sayuran wortel, Sayuran wortel kaya manfaat kandungan yang penting bagi tubuh dapat mengatasi banyak penyakit, seperti wortel untuk penderita diabetes

gonku photos health


Related Keyword On This Post
  • Manfaat wortel
  • Kandungan wortel
  • Manfaat wortel mentah
  • Manfaat jus tomat wortel
  • Wortel vitamin a
21 Manfaat Wortel Untuk Kesehatan dan Wajah, Tak Cuma Buat Mata on Liputan6.com

Wortel adalah salah satu jenis sayuran yang mengandung banyak vitamin dan nutrisi. Dengan kandungan tersebut, manfaat wortel cukup penting untuk tubuh manusia. Wortel diketahui baik untuk memelihara kesehatan mata karena kaya akan vitamin A. Tapi khasiatnya tidak hanya itu, makanan berwarna oranye ini juga bisa menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, bahkan baik untuk kecantikan kulit. Wortel bisa dikonsumsi dengan cara dikukus sebentar, dimakan mentah atau dijadikan jus dan disarankan dikonsumsi setiap hari.

Selain itu Manfaat Wortel juga baik untuk kecantikan wajah. Seperti vitamin B karoten yang diubah menjadi vitamin A, merupakan vitamin yang dapat membantu melawan jerawat serta memperlambat sel-sel mati untuk mengurangi tanda penuaan dan flek akibat sinar matahari. Ternyata banyak banget ya manfaat wortel bagi kehidupan manusia. Nah, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, ragam manfaat wortel. Sebelum mengetahui apa saja manfaat wortel bagi kehidupan manusia, yuk pelajari dulu kandungan wortel.

Manfaat Wortel vitamin a untuk Kesehatan Tubuh Anda on Klikdokter.com

Sudah banyak yang tahu manfaat wortel bagi kesehatan mata. Namun, tahukah Anda bahwa sayuran berwarna oranye ini juga dapat berkontribusi terhadap kesehatan organ lainnya?

Wortel adalah jenis sayuran akar yang diklaim menjadi makanan sempurna untuk kesehatan. Apa saja manfaat wortel?

1. Kaya akan Nutrisi

Wortel mengandung berbagai jenis zat nutrisi. Dalam 100 gram wortel, terkandung:

Kalori 41 kalori Air 88 persen Protein 0,9 gram Karbohidrat 9,6 gram Gula 4,7 gram Serat 2,8 gram Lemak 0,2 gram Selain itu, wortel mengandung banyak vitamin dan mineral, seperti: Vitamin A, B, C, E, K Beta-karoten Alfa-karoten Lutein Kalsium Fosfor Kalium Zat besi, dan yang lainnya.

Selain Menyehatkan Mata, 7 Manfaat Ini Bikin Kita Ingin Rutin Makan Wortel on Hellosehat.com

Wortel merupakan makanan yang kaya nutrisi dan penuh manfaat. Menurut data Kemenkes RI, dalam 100 gram wortel segar, Anda bisa memanfaatkan 80% umbinya. Berikut beberapa kandungan gizi dari wortel yang perlu Anda ketahui.

Energi: 36 kkal Protein: 1 gram Lemak: 0,6 gram Karbohidrat: 7,9 gram Serat: 1 gram Vitamin A: 7,1 mikrogram Thiamin (Vitamin B1): 0,04 miligram Riboflavin (Vitamin B2): 0,04 miligram Niasin (Vitamin B3): 1 miligram Vitamin C: 18 miligram Kalsium: 45 miligram Fosfor: 74 miligram Besi: 1 miligram Natrium: 70 miligram Kalium: 245 miligram Tembaga: 0,06 miligram Zinc: 0,3 miligram

Wortel juga punya kandungan antioksidan tinggi yang baik untuk tubuh. Berikut di antaranya.

Beta karoten. Wortel yang berwarna oranye sangat tinggi kandungan beta karotennya. Proses penyerapannya oleh tubuh akan lebih baik jika wortel dimasak.

Alfa karoten. Selain beta karoten, umbi beragam warna ini juga mengandung antioksidan dari vitamin A berupa alfa karoten. Lutein. Wortel yang berwarna kuning, putih, dan kekuningan kaya akan lutein. Ini merupakan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan mata. Lycopene dan antosianin. Sayur dan buah-buahan berwarna merah memiliki banyak likopen dan antosianin, terutama wortel merah dan ungu. Polyacetylenes. Ini merupakan senyawa bioaktif dalam wortel yang membantu melindungi kesehatan sel darah.

Khasiat wortel untuk kesehatan

7 Manfaat Wortel bagi Kesehatan on Alodokter.com

Beragam Manfaat Wortel bagi Kesehatan Berkat kandungan gizinya yang sangat banyak, ada beragam manfaat wortel bagi kesehatan yang bisa Anda peroleh, yaitu:

1. Menjaga kesehatan mata

Ini merupakan salah satu manfaat wortel yang paling terkenal. Wortel baik untuk menjaga kesehatan mata karena mengandung banyak vitamin A, lutein, dan zeaxanthin. Selain itu, wortel juga kaya akan antioksidan yang baik untuk kesehatan mata.

Dengan rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A, lutein, zeaxanthin, serta antioksidan, seperti wortel, Anda akan berisiko lebih rendah untuk terkena berbagai penyakit mata, seperti rabun senja (buta malam hari), katarak, dan degenerasi makula.

2. Mengurangi risiko kanker

Konsumsi wortel secara rutin juga dapat menurunkan risiko Anda untuk menderita penyakit kanker, seperti kanker prostat, kanker usus besar, dan kanker payudara.

Hal ini karena wortel merupakan salah satu sumber antioksidan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, seperti karoten, asam fenolat, vitamin A, vitamin C, antosianin. Kandungan tersebut mampu melawan efek radikal bebas berlebih dalam tubuh, sehingga dapat menghambat dan mencegah terbentuknya sel-sel kanker.

3. Menjaga kadar gula darah tetap normal

Wortel adalah salah satu sayuran yang baik dikonsumsi untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil, baik pada pasien diabetes maupun orang yang sehat. Dengan gula darah yang terkontrol, pasien diabetes akan berisiko lebih rendah untuk mengalami komplikasi, seperti gangguan ginjal dan kerusakan saraf.

Selain itu, pada orang yang sehat, wortel bermanfaat untuk mencegah terjadinya resistensi insulin dan melonjaknya kadar gula darah terlalu tinggi, sehingga mereka bisa tercegah dari penyakit diabetes. Ini karena wortel mengandung serat dan antioksidan yang tinggi, tapi memiliki nilai indeks glikemik yang rendah.

4. Menurunkan risiko penyakit jantung

Manfaat wortel dalam menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung bisa diperoleh berkat kandungan kalium, antioksidan, dan serat di dalam sayuran ini.

Kalium pada wortel baik untuk menjaga tekanan darah normal, sedangkan serat dan antioksidannya baik untuk mengontrol kadar kolesterol jahat (LDL) yang dapat menyumbat pembuluh darah jantung.

5. Menyehatkan dan melancarkan pencernaan

Serat dan air dalam wortel mampu memperlancar proses pencernaan serta membuat tinja lebih padat dan lunak, sehingga baik untuk mencegah dan mengatasi konstipasi. Tak hanya itu, wortel juga memiliki efek prebiotik yang baik untuk menjaga keseimbangan jumlah bakteri baik pada usus.

6. Mencegah obesitas

Apakah Anda sedang berupaya untuk diet dan mengontrol berat badan? Jika iya, coba perbanyak konsumsi wortel. Ini karena wortel mengandung sedikit kalori, tapi padat nutrisi, seperti protein, serat, air, vitamin, dan mineral. Kandungan serat pada wortel juga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Dengan begitu, nafsu makan Anda akan lebih mudah terkontrol, dan Anda pun bisa lebih mudah mengatur pola makan agar tidak mengalami obesitas.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin A, vitamin C, folat, dan antioksidan pada wortel dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, agar tubuh lebih kuat melawan bakteri dan virus penyebab penyakit, misalnya virus Corona.

Namun, di samping dengan konsumsi wortel, Anda juga perlu menjaga daya tahan tubuh dengan beberapa cara lainnya, seperti tidur yang cukup, kurangi stres, dan rutin olahraga.

Mengingat ada banyaknya manfaat wortel bagi tubuh, mulai sekarang biasakanlah untuk menambahkan wortel ke dalam menu makanan Anda sehari-hari. Namun, ingat. Saat membeli wortel, pilihlah wortel yang masih segar, keras, dan kering.

Sebelum mengonsumsinya, bersihkan dan kupaslah kulit wortel dengan baik, dan masaklah hingga matang.

Apabila Anda masih memiliki pertanyaan terkait manfaat wortel bagi kesehatan atau cara terbaik menambahkannya ke dalam menu makanan sehari-hari, jangan ragu untuk bertanya kepada dokter.

20 Manfaat Wortel untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan Wajah on Gramedia.com

Kalau berbicara tentang wortel, mungkin yang terlintas dalam pikiran Grameds ialah jenis sayuran yang baik untuk kesehatan mata. Jenis sayuran yang satu ini memang mengandung banyak nutrisi dan vitamin.

Karena mudah didapatkan dan harganya juga relatif murah, wortel menjadi salah satu sayuran yang banyak dikonsumsi. Ada begitu banyak kandungan di dalam wortel yang aman dikonsumsi segala usia.

Tak hanya baik untuk kesehatan mata, manfaat wortel jauh lebih luas dari itu, lho Grameds! Wortel sebagai salah satu sayuran yang mudah diolah menjadi berbagai macam makanan memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan yang mungkin belum diketaui.

Sayuran wortel memiliki manfaat lainnya karena bisa diolah menjadi beragam makanan yang lezat. Wortel kerap dikonsumsi dengan dimakan mentah, dikukus sebentar, dan dijadikan jus. Kemudian wortel juga bisa dijadikan olahan sayuran sop hingga menjadi kue bolu wortel.

Post a Comment

jokkajo
© GONKU.EU.ORG. All rights reserved. Developed by Jago Desain