G O N K U - GET BACKLINK SERVICE
Do you want to share article for Free Backlink? . Send By Email Subscribe

Arti Parenting, Stricts Parents, Cara Pengasuhan Anak Islami

GONKU.EU.ORG - FREE BACKLINK SITE

Parenting atau cara pengasuhan anak sangat penting bagi setiap orang tua, apalagi jika parenting di lakukan dengan prinsip Strict Parents yang sangat berdampak pada psikis anak. Bukannya anak menjadi sesuai apa yang diinginkan, justru sebaliknya. 

Yuk para orang tua, pelajari dan pahami parenting yang baik dan benar.
parenting islami strict parents
Related Keyword On This Post
  • Stricts Parents
  • Asia Parent
  • Parenting
  • Pengertian Parenting
  • Cara Mendidik Anak
Ciri-ciri Strict Parents, Siapa Tahu Anda Termasuk Orang tua Jenis ini on Gaya.Tempo.co

Strict parents atau pola asuh orang tua yang sangat ketat, dalam psikologi, didefinisikan sebagai orang tua yang menempatkan standar dan tuntutan tinggi pada anak-anak mereka. Strict Parents disebut membawa dampak bagi tumbuh kembang anak.

Dikutip dari parenting forbrain, orangtua yang memilki gaya asuh yang ketat dapat bersifat otoritatif atau otoriter. Orang tua yang otoratif akan memberikan standar tinggi kepada anak sambil memberikan dukungan dengan kasih sayang dan dukungan. Namun, sebagian besar strict parents seringkali bersifat otoritas dibanding otoratif.


Foto Mommiesdaily.com / Ilustrasi Strict Parents 

Biasanya, strict parents yang otoriter memiliki ciri ciri sebagai berikut:

  • Memiliki banyak aturan ketat dan menuntut 
  • Menuntut anak mereka untuk mematuhi harapan secara membabi buta 
  • Tidak mengizinkan anak mempertanyakan otoritas orang tua 
  • Menghukum berat anak jika melanggar aturan apa pun 
  • Miliki sikap yang dingin, tidak responsif terhadap anak-anak mereka 
  • Menggunakan kata-kata yang mempermalukan dan kasar

Pola asuh strict parents dengan gaya otoriter dapat merugikan anak termasuk masalah perilaku, harga diri rendah, masalah pengendalian diri dan masalah kesehatan mental.

Parenting Islami, Cara Mendidik Anak sesuai Ajaran dalam Islam on Prenagen.com

Parenting islami merupakan pola pengasuhan orang tua dalam mendidik dan membesarkan anak dengan menggunakan nilai dan dasar islami. Tentunya gaya parenting ini hanya ditujukan untuk orang tua yang muslim saja.

Dasar utama dari pola parenting ini adalah mengikuti tuntunan yang ada di dalam Al-Quran. Karena sejatinya Quran tidak hanya membahas mengenai kewajiban anak kepada orang tua saja, namun juga kewajiban orang tua kepada anaknya. Tuntunan mengenai pola pengasuhan pun terdapat dalam Quran yang dapat dibaca dan dipelajari.

Tujuannya tentu agar anak mengenal Tuhan dan Rasul-Nya sejak dini serta paham betul apa tujuannya ia diciptakan, yaitu sebagai khalifah di muka bumi. Oleh karena itu, tujuan dari parenting islami ini perlu diketahui oleh orang tua sebagai tuntunan dalam mengajarkan sholat, mengaji, bergaul, adab, serta perilaku berdasarkan ajaran Islam.

5 Dampak Buruk Strict Parenting yang Kerap Tak Disadari, Bikin Anak Memberontak on Haibunda.com

Setiap orangtua tentu memiliki pola parenting masing-masing ya, Bunda. Terkadang, mereka pun mengandalkan strict parenting yang dianggap dapat menghasilkan anak-anak dengan mental dan kualitas lebih baik.

Hal ini memang kerap mendatangkan rasa dilema ya, Bunda. Di satu sisi, tentu orang tua ingin menerapkan pengasuhan dan disiplin dengan baik melalui cara yang strict. Tetapi di sisi lain, pengaruhnya terhadap perkembangan anak seringkali menjadi kekhawatiran.

Melansir dari Parentingforbrain, alasan orang tua memilih strict parenting tentu saja atas nama kebaikan ya, Bunda dan tidak ada yang mementingkan diri sendiri. Beberapa orang tua pun yang menerapkan strict parenting memiliki harapan tinggi di mana mereka mengajari anak-anaknya disiplin diri dan tanggung jawab.

Parenting Islami, Ini dia 8 Cara Mendidik Anak Menurut Ajaran Islam on Fimela.com

Tak bisa kita pungkiri lagi, anak merupakan anugerah terbaik bagi setiap orangtua. Namun di samping itu, anak menjadi amanah bagi orangtua yang berkewajiban mendidik anaknya dengan metode parenting tepat. Hal ini menjadi hal penting agar tumbuh menjadi anak dengan akhlakul karimah.

Meski setiap orangtua memiliki konsep parenting tersendiri dalam mendidik anak, namun bagi para orangtua muslim, penting untuk mengetahui parenting Islami sebagai langkah untuk mendidik anak menurut Islam.

Menerapkan parenting Islami memang tidaklah mudah, para orangtua harus memiliki kesabaran, ketelatenan, dan pola asuh yang tepat agar si kecil tumbuh dengan nilai-nilai Islam yang kuat.

Dengan begitu, harapan akan sang buah hati yang tumbuh menjadi anak sholeh atau sholehah tentu dapat terwujud. Perlu diketahui, pada dasarnya parenting Islami menerapkan pola asuh yang mengikuti tuntutan Al-Qur'an dan Nabi Muhammad SAW.

Hati-hati Dampak Pengasuhan Strict Parents, Bisa Bikin Anak Rendah Diri on Mommiesdaily.com

Pada dasarnya, gaya parenting yang “strict” melibatkan aturan dan pembatasan yang berlebihan pada pilihan, aktivitas, dan rutinitas sehari-hari anak. Orang tua yang strict juga biasanya memiliki harapan yang sangat tinggi pada Si Kecil. Diikuti dengan memberikan hukuman berat apabila anak tidak mencapai ekspektasi atau mengikuti aturan tersebut.

Berikut tanda-tanda strict parents yang harus Mommies perhatikan:

Tidak memiliki toleransi sedikit pun pada anak

Meskipun penting untuk memiliki aturan, tapi pahami bahwa ada hal-hal tertentu yang menjadi pengecualian. Orang tua yang strict biasanya tidak menerima alasan anak ketika melakukan kesalahan. Padahal, dibanding mengambil sikap otoriter dalam segala hal, tunjukkan kepada Si kecil bahwa Mommies bersedia mendengarkan kisahnya dan memberikan evaluasi agar kesalahan tersebut tidak terulang.

Post a Comment

© GONKU.EU.ORG. All rights reserved. Developed by Jago Desain